Monday 1 June 2009

[PTI] TIDAK ADA SHORCUT MENJADI HEBAT


Tulisan ini terinspirasi dan kebanyakan gw sadur dari materi kuliah PTI yang dapat di download di situsnya pak Fazmah (www.ittelkom.ac.id/staf/fay/kuliah). Ya, memang benar adanya bahwa tidak ada jalan pintas ato jalan singkat dihidup ini untuk kita menjadi sehebat yang kita inginkan, kita bayangkan. Banyak sekali tantangan yang akan dan pasti kita hadapi dalam mencapai tujuan kita tersebut.. yaiyalaah,, masa hidup monoton, lo mo ini, langsung ada, lo mo itu, langsung jadi,, impossible banget khan?? (nb : praktek kedukunan jangan dimasukin ya ;P) hmm,, tapi banyak juga lho dukun asal dukun, padahal mah gak punya kemampuan apa apa,, ujug ujugnya kita yang rugi. So, percaya bahwa hidup kita udah diatur oleh ALLAH SWT, tinggal kita yang memutuskan mau dibawa kemana hidup kita ini, ingat bahwa kita semua adalah seorang pemimpin, kita harus dapat memimpin diri di dunia ini, sehingga insyaALLAH apa yang kita cita citakan dapat tercapai, namun apabila belum tercapai, mungkin di akherat nanti bakal tercapai, yang pasti percaya aja bahwa segala sesuatu yang kita lakukan PASTI akan mendapat balasannya, ntah di dunia ini maupun di akherat, ntah cepat atau lama, whatever, tugas kita sebagai manusia hanya berbuat sebaik baiknya di dunia yang fana ini ^_^
OK, back to topic. Di slide Amanovus_Snots_....... ini dicontohkan mengenai, “sebenernya gak mudah lho menjadi programmer.” Seperti yang sering kita baca di judul judul kebanyakan buku yang intinya “24 jam mahir blabla” , “seminggu mahir blabla” , sebetulnya bisa dibilang itu pembodohan masal, karena kita hanya akan terpaku pada buku tersebut, kita hanya bisa membuat apa yang buku tersebut tulis, kita tidak akan merasakan kegagalan maupun sharing dengan sesama profesi, karena tentu saja yang kita pelajari ada buku tersebut bisa dibilang benar semua. “Dalam 24 jam, lo hanya akan belajar sendiri. Proses belajar akan lebih meresap jika ada programmer yang lebih berpengalaman atau mentor. Inilah mengapa ada alasan sekolah itu ada gurunya, dan kuliah itu ada dosennya.”




HUKUM 10.000 JAM

Experimen di Music Academy Jerman mengungkapkan fakta berikut:
Semua anak belajar musik sama dalam usia 5 tahun dan latihan musik 3 jam per minggu. Umur 9 thn latihan 6 jam/minggu, umur 12thn latihan 18jam/minggu, umur 14thn latihan 16jam/minggu, umur 20thn latihan 30jam/minggu ? Menjadi Yang Terbaik (jenius musik sekelas Mozart). Total latihan sekitar 10,000 jam!
Yang latihan dibawah 10,000 jam hanya menjadi Guru Musik biasa.


Mozart menjadi jenius musik bukan karena secara lahir sudah jenius, namun karena oleh ayahnya (Leopold Mozart) dipaksa latihan musik terus menerus sejak kecil. Ayahnya juga musikus hebat pada zamannya.

Laszlo Polgar, seorang guru dan pemain catur, memberikan pelajaran catur kepada anaknya 6 jam per hari sejak kecil. Hasilnya? Dua anaknya, Susan Polgar dan Judit Polgar menjadi Grandmaster Catur dalam usia muda. Judit Polgar mengalahkan seorang Grandmaster dalam usia 11 tahun dan menjadi wanita pertama yang masuk sebagai Top 10 Pemain Catur se-dunia.


Jika kalian ingin menjadi Developer Hebat, Anda harus passionate dengan menulis kode. Kenapa? Karena lo membutuhkan 10 tahun atau 10,000 jam (yang mana lebih dahulu tercapai) menulis kode untuk menjadi Developer Hebat. Tapi bukan berarti menulis kode yang mirip terus-terusan selama 10 tahun…

Dalam artikel “The Expert Mind”, Scientific American July 2006, ada yang dinamakan Effortful Study: seorang yang berlatih catur selama 10,000 jam tetap bisa dikalahkan oleh seorang yang latihan kurang dari 10,000 jam. Yang membedakan memang isi latihannya: yang mau mempelajari gaya permainan para Grandmaster lalu meng-implementasikannya ke dalam permainan sekarang, kemudian menganalisa kemenangan dan kekalahannya akan lebih unggul daripada pemain catur yang strateginya itu-itu saja.

Begitu juga dengan C#, seorang developer 4 tahun yang mengikuti kaidah object-oriented design dan memahami design patterns kode-nya akan lebih elegan dibanding programmer C# 10 tahun yang masih procedural menulis kode.


So, bagi kita, khususnya anak informatika, yang ingin menjadi programmer handal, software design jago, maupun profesi profesi lainnya yang kita gemari, marilah mulai dari sekarang, asal jangan liat contoh pemusik ama pemain catur yang mulai belajar dari kecil ya,, gada kata terlambat asal kita punya kemauan. Disinilah makna sebuah ucapan “tinggal” dan “masih” yang saya dapat, ambil kasus seperti ini :
A : “eh, ujian bentar lagi lho, lo gak belajar?”
B : “ntar aja ah, masih seminggu lagi.”
Truz bandingin ama yang ini :
C : “oh iya ya, tinggal seminggu lagi nech.”


Kita semua pasti tersenyum karena mungkin kita juga pernah (mungkin sering?) berujar seperti itu, tapi coba kita renungkan apa yang akan dilakukan si B, dan apa yang akan dilakukan si C. Dari contoh ini kayaknya udah jelas ya siapa yang bener bener serius, dan siapa yang santai, dan tentu saja balasa buat perbuatan mereka juga pasti berbeda. Yuk ah teman, mulai sekarang tinggalkan penyakit malas kita, dan mulailah untuk bersemangat menuju perubahan yang lebih baik sebagai mahasiswa dimana masa depan bangsa ini ada di tangan kita.. chayooo !! ^0^

No comments:

Post a Comment